BENGAWAN SOLO, THE MOST BEAUTIFUL RIVER IN MY VILLAGE

Foto0824H5Sungai Bengawan Solo merupakan sungai terpanjang yang ada di Pulau Jawa. Panjang sungai ini mencapai 548 km. Hulu sungai ini berada di daerah Pegunungan Kidul, Wonogiri (Jawa tengah) dan bermuara di Gresik (Jawa Timur). Adapun daerah yang dilewati sungai ini mulai dari Wonogiri, Pacitan, Sukoharjo, Klaten, Surakarta, Sragen, Ngawi, Blora, Magetan, Madiun, Bojonegoro, Tuban, Lamongan dan akhirnya Gresik. Desaku merupakan Salah satu daerah lintasan aliran sungai bengawan solo. Adalah Desa Duriwetan, Desa terbesar di kecamatan Maduran Kabupaten Lamongan. Bagi penduduk Desa ini, sungai Bengawan Solo menjadi sumber kehidupan sehari-hari hingga saat ini. Betapa tidak, sebagian besar sumur-sumur rumah di Desa ini mengandung air yang berkadar garam tinggi sehingga mengharuskan penduduk mengangkut air dari Sungai Bengawan Solo demi kebutuhan air minum. Namun, tak seperti dahulu, saat ini penduduk Desa Duriwetan tidak lagi bersusah payah mengangkut air setelah adanya bantuan penyaluran air dari pemerintah.

Sungai Bengawan Solo diapit oleh dua tanggul besar yang tingginya sekitar ±10 m. Aliran sungainya begitu tenang, jernih dan kesegarannya menarik setiap mata untuk menyentuhnya. Tepat hari minggu, 4 Agustus 2013, sehari setelah ku tiba dari Bali, aku bersama dua temanku menyebrangi sungai Bengawan solo menggunakan perahu kecil menuju Pasar kriyek-Centini. Desa Centini terletak diseberang sebelah Barat Desa Duriwetan sehingga mengharuskan kami untuk menyebrang sungai. Ya, jarang sekali bahkan tak pernah sama sekali sejak setahun terakhir ku bisa bertatap dengan sungai ini, sungai yang menjadi memori kenangan terindahku ketika kanak-kanak, sungai yang telah menjadi sahabat setia yang selalu menyemangatiku untuk mandi J

Berbekal mesin penggerak sederhana, tak sampai 2 menit perahu yang kami tumpangi pun sampai ke seberang dengan hanya merogoh kroscek Rp 1500 PP. Walaupun hanya sebentar menyusurinya, 2 menit telah cukup membuatku merasakan nuansa aroma yang luar biasa, aroma yang tak akan ku rasakan di tempat manapun, aroma keindahan yang terpancar segar dipandangan mata, aroma yang selalu mengingatkanku akan keceriaan masa lalu, aroma yang telah mengobati kerinduanku dari ketegangan pikiranku.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s