TAHUN GAJAH

gajahTertulis dalam sejarah bahwa al-Kitab melukiskan pertanda akan datangnya seorang Nabi. Di tahun sebelum Nabi Muhammad lahir, kaum-kaum Yahudi dan Nasrani menunggu-nunggu mengharapkan kedatangan seorang Nabi, bahkan mereka pun meramalkan tanda-tanda kedatangan Nabi. Untuk itu, marilah kita simak bagaimana situasi tahun menjelang kelahiran Nabi Muhammad di Tahun Gajah.

Telah kita ketahui, lahirnya Nabi Muhammad pada saat peristiwa yang sangat menggemparkan di kota suci Mekah. Nabi Muhammad lahir pada tahun 570 M, tahun ini dikenal dengan sebutan “Tahun Gajah”. Dinamakan Tahun Gajah karena terjadi peristiwa penyerangan pasukan besar-besaran di Ka’bah dengan menempatkan seekor Gajah dibaris terdepannya.

Awal penyebab peristiwa perang Gajah diawali dari berita didaerah Yaman atas perlakuannya yang mendatangkan kemarahan bagi penduduk Mekah. Dimana ketika itu Mekah menjadi tempat peribadatan haji terbesar diseluruh Arabia. Diwaktu yang sama, Yaman yang berada dibawah kekuasaan Abyssinia dengan Gubernur yang bernama Abrahah membangun katedral megah di Shan’a dengan harapan akan menyaingi Ka’bah. Mereka membangun semegah-megahnya dengan maksud agar menyita perhatian orang-orang Arab disana untuk mengalihkan pusat haji. Berita ini mengundang kemarahan suku-suku yang tersebar di seluruh Hijaz dan Najd. Sehingga seorang dari suku Kinanah yang memiliki hubungan nasab dengan Quraisy, pergi ke Shan’a dengan maksud untuk meruntuhkan gereja itu dan ia dapat melakukannya hanya dengan satu malam.

Mendengar kejadian ini, tentu Abrahah menjadi sangat marah. Dengan rasa kemarahannya, ia pun akan membalas dendam akan menghancurkan Ka’bah sampai rata dengan tanah. Ia pun menyiapkan pasukan secara besar-besaran untuk menyerang Ka’bah dengan menempatkan seekor Gajah dibaris terdepannya. Orang-orang penduduk Mekah segera menyiapkan dirinya agar terhindar dari serangan pasukan Abrahah. Abd al-Muththalib menyarankankan agar mereka menyelamatkan diri ke atas bukit didekat kota. Sedangkan beberapa anggota keluarga beserta pemuka masyarakat lain pergi ke Ka’bah dan memohon perlindungan kepada Tuhan untuk melawan Abrahah dan pasukannya.

Keesokan harinya, Abrahah telah memasuki Ka’bah dan menyiapkan serangannya dengan gajah yang bersenjata. Unays, pemandunya mengarahkannya berjalan menuju Mekah, disaat gajah diberikan aba-aba bangun, gajah tidak menuruti aba-aba yang menjadi perintahnya. Gajah malah menuruti aba-aba dari Nufayl, sang tawanan yang menjadi penunjuk jalan Abrahah yang telah menyerang pasukan Abrahah disaat perjalanannya menuju Mekah. Nuafyl mendekati telinga besar gajah untuk duduk berlutut. Gajahpun menurutinya ketimbang komando dari Unays karena komando Nufayl lebih dekat ketelinga gajah sehingga lebih berpengaruh. Ini adalah pertanda jelas bahwa Abrahah tidak akan berhasil memenangkan ambisi nafsu pribadinya untuk memperoleh kejayaan atas tempat ibadah yang dibangunnya dengan menghancurkan saingan besarnya.

Tak lama ketika itu, langit diufuk barat hitam pekat dan suara-suara gemuruh yang terdengar makin menggelegar. Nampak dari jangkauan pandangan mereka, langit dipenuhi beribu-ribu burung, burung ini disebut burung Ababil (telah dikisahkan dalam Surah al-Fiil). Masing-masing burung itu membawa 3 batu kecil yang membara. Satu batu diparuhnya dan dua batu dijepitkan di kedua belah cakar kakinya. Burung-burung itu menukik kearah barisan dan menjatuhkan batu-batu itu pada pasukan Abrahah. Batu-batu yang dibawa burung itu memiliki kedahsyatan yang luar biasa karena dapat menewaskan setiap orang yang dijatuhinya. Mereka langsung jatuh terkapar dan tubuhnya langsung membusuk.

Sejak peristiwa itu, Quraisy dikenal di jazirah Arab sebagai keluarga Tuhan karena Tuhan mengabulkan doa-doa mereka untuk melindungi Ka’bah dari serangan yang akan menghancurkannya. Namun, selain dari peristiwa di Tahun Gajah ini, terdapat peristiwa agung di tahun yang sama yakni lahirnya sesosok manusia suci yang membawa cahaya kehidupan bagi seluruh umat manusia dibumi ini. Dialah Nabi Muhammad SAW, pemimpin yang telah membentangkan peradaban umat manusia dengan peradaban yang begitu luar biasanya dari zaman ke zaman.

4 thoughts on “TAHUN GAJAH

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s